Top Ad unit 728 × 90

Arti Hakekat Dan Ma'rifat Menurut Saya

Seperti yang pernah saya tulis waktu itu tentang arti syari'at, toriqot, hakekat dan ma'rifat menurut saya  atas dasar kita tidak harus berfikir sama tapi sama sama berfikir jadi saya rasa memiliki ide atau pemikiran serta mengungkapkanya ke publik dengan tujuan untuk pembelajaran serta saling tolong menolong itu tidak ada salahanya , apalagi jika di tunjang dengan sebuah ayat yang berbunyi " Tolong menolonglah dalam kebaikan dan ketakwaan " dengan demikian semakin terbuka lebar untuk kita semua dalam menyampaikan ide dan pemikiran .

Setelah membaca tulisan arti syari'at, toriqot, hakekat dan ma'rifat menurut saya tentunya dapa di ambil kesimpulan sebagai berikut, bahwa segala sesuatu itu memiliki hukum dan aturan tertentu baik secara alami atau buatan, contohnya aturan 1+1=2 mungkin ini adalah aturan buatan manusia jago matematika , tapi jika api itu harus panas kalau tidak panas maka barang tersebut tidak bisa di katakan api, walau tidak menutup kemungkinan barang yang panas belum tentu api, namun bagi barang yang ingin di sebut api maka barang itu wajib memenuhi standar peraturan hukum api yaitu panas. demikian contoh singkat aplikasi syari'at yang intinya adalah peraturan atau hukum tertentu yang di sandarkan oleh sesuatu yang tertentu pula, dalam hal ini saya ambil contoh api. adapun toriqot yaitu proses pelaksanaan hukum tadi, misalnya . jika syariat menyatakan bahwa api itu harus memiliki sifat panas dan bentuk kobaran maka toriqat adalah bagaimana supaya mendapatkan sifat panas dan kobaran tadi, toriqat cenderung mencari komponen guna memenuhi persyaratan yang telah di tetapkan dalam contoh ini yaitu panas dan kobar. contoh sederhananya , jika kita ingin api atau panas yang berkobar maka kita harus  mempersiapkan peralatanya misalnya korek dengan segala perlengkapanya juga atau apa saja yang bisa menyebabkan munculnya api, dalam mempersiapkan korek itulah yang di namakan toriqat. jadi jika tidak ada syariat maka toriqat tidak tercipta, lah bagaimana akan tercipta to bos... orang arah dan tujuanya tidak jelas.

 Sekarang bahas hakekat dan ma'rifat. ini bukan bahasan para wali,nabi atau ulama kelas tinggi loh ya? tapi ini sekedar inspirasi belaka dan jangan di jadikan satu satunya acuan dasar untuk mengamalkan ilmu apalagi untuk dasar ibadah, tapi jadikan inspirasi saja buat nambah semangatnya tafakur , tadabur dan tafakur.

Arti  Hakekat banyak ragamnya tapi semua itu kembali ke asal bahasanya yaitu  bahasa arab dari negara arab timur tengah, silahkan buka google map atau lihat peta untuk mengetahui posisi negara arab serta jarak tempuh negara arab dan negara kita. Karena Hakekat adalah berasal dari bahasa arab yang memiliki arti nyata dan ada yang bilang artinya adalah benar , kebenaran, kenyataan dll sebagainya tentu yang paham hal ini adalah para ilmuan bahasa dan karena saya bukan ilmuan bahasa maka saya mengartikan kata Hakekat sesuai pemikiran saya saja , hakekat yaitu kebenaran atau kenyataan,  tapi saya cenderung memilih hakekat di artikan sebagai kenyataan karena di samping lebih simpel juga sudah mewakili arti kebenaran, mengapa demikian? karena sesuatu itu di anggap benar tentunya jika sesuatu itu sesuai kenyataan. hehehe simpel kan?. Karena Hakekat adalah kenyataan maka jika di gabungkan dengan istilah syariat,tariqot maka, hakekat adalah tempat pembuktian atau menyatakan, memperlihatkan, krenya tempat mempublikasikan apa yang ada di syariat dan hakekat, suatu misal kita ingin api maka kita harus tahu sifat dan karakter api (syariat) , lalu kita pergi mencari peralatan yang bisa membentuk atau membuat api (toriqat ), setelah ketemu misalnya dalam toriqat tadi dia menemukan korek sebagai sarana munculnya api lalu mengoperasikan korek sampai munculnya api .  adapaun hakekat adalah wujudnya api yang selama ini dia cari.  kalau tidak muncul berarti dalam toriqatnya masih belum menemukan sesuatu yang tepat atau malah salah tempat, karena bisa saja walau dia hapal sifat dan karakter api, tapi dia tidak paham apa saja yang bisa mendatangkan api dan karena dia tidak tahu apa yang bisa mendatangkan api , hehehe bisa saja to nanti bukan bawa korek tapi bawa roti dan kalau begini ya wajar saja kalau dia tidak menmukan api atau hakekat. dan di sinilah di perlukan seorang guru, penunjuk, pemandu supaya tidak sampai terjadi pingin api tapi malah bawa roti bukan bawa korek. heheheh.

Demikian ulasan singkat tentang arti hakekat menurut saya, adapun arti ma'rifat nanti akan di bahas lain waktu insyallah.



Arti Hakekat Dan Ma'rifat Menurut Saya Reviewed by Majalah Bisnis on 01.04 Rating: 5
All Rights Reserved by Blog Abajadun © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.