Top Ad unit 728 × 90

Otak Sumber Penyakit Sekaligus Sumber Obat



Orang jawa “ singa sabar ben panjang umur “ artinya bersabarlah biar panjang umur, kalau bahasa indonesia yang sering saya dengar adalah “ jangan mudah marah nanti cepat tua “ , Ternyata setelah saya baca artikel di beberapa blog bahwa ucapan tadi ada benarnya juga , karena ada dokter yang mengatakan bahwa sumber terjadinya segala penykit berawal dari otak .

Berikut ringkasan yang bisa saya sampaikan , jika nanti kurang jelas bisa langsung saja cari di google dengan keyword “ Benarkah sumber penyakit itu berawal dari otak “ atau yang sejenis dengan kalimat itu. Gambaran yang di berikan terkait ungkapan bahwa sumber penyakit itu berawal dari otak adalah sebagai berikut , jika kita sedang mengalami masalah yang bisa mengganggu pikiran kita , misalnya tentang di kianati pacar, sulit dapat jodoh, tertipu,kerjaan macet dan lain sabagainya di mana kesedihan tadi secara tidak langsung akan berpengaruh dengan pola hidup keseharian kita, berangsur angsur semangat dan keceriaan hidup akan hilang di sebabkan kesedihan yang kita alami , kalau keadaan ini di biarkan terus menerus maka akan menurunkan kualitas hidup kita.

Jika kita mengalami hal seperti itu , ada sebagian ahli kesehatan jiwa ,kalau ga salah namanya adalah Dr. Yul Iskandar DAJ,MBAP,Ph.D  mengatakan “ Otak adalah sumber segala pikiran . Jika pikiran kita ceria maka urat urat otak akan mengendor atau santai, tapi jika pikiran tegang maka uratpun ikut menegang “ ibarat tangan kita ini,jika santai maka tidak mudah capek dan jika tegang maka lama lama akan kelelahan, itulah gambaran tentang efek dari tegang dan renggangnya pikiran terhadap kesehatan.

Otak manusia sangat berperan mengatur kecerdasan emosi, intlektual,prlaku, dan spiritual serta masih banyak lagi, segala fungsi otak sendiri juga tersimpan di dalam otak, Otak sendiri terbagi menjadi dua yaitu otak kanan dan otak kiri , mereka memiliki fungsi masing masing. Pepatah lama mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehata terdapat jiwa sehat, tapi ada dokter yang mengatakan bahwa kalimat yang tepat adalah di dalam otak yang sehat terdapat tubuh dan jiwa yang sehat.

Untuk itu peran otak sangat penting dalam menentukan kwalitas kehidupan seseorang, Jadi menjaga supaya otak tetap sehat adalah dengan menjaga pola pikir sehat supaya kesehatan fisik bisa terjaga dengan baik , jika otak kita terganggu maka seluruh fungsi tubuh juga ikut terganggu, seperti gambaran yang telah di sampaikan tadi.

Semua orang tidak ingin punya masalah, semua orang tidak ingin sakit, semua orang tidak mau di bebani pikiran macam 2, sekarang pertanyaanya adalah ? Mengapa pikiran kita sampai bisa terganggu ? banyaka faktor bisa jadi penyebab terjadinya ketegangan otak, seperti emosi,tingkah laku dan cara berfikir sesorang yang semuanya bisa di bilang adalah ungkapan jiwa dan perasaanya. Jika semuanya terganggu otomatis berdampak pada terganggunya fisik seseorang , contoh  saja adalah ketika kita kena penyakit ringan misalnya flu, batuk batuk,masuk angin , penyakit yang tampaknya ringan tapi jika di barengi dengan suasana hati yang tidak stabil maka akan berdampak pada prilaku yang lemah dan loyo bahkan seakan akan tidak berdaya , karena keadaan inilah bisa jadi penyakit yang awalnya ringan malah menjadi sakit kronis yang membahayakan.

Metabolisme didalam tubuh semuanya diatur oleh otak. Jika kestabilan emosi, kecemasan dan rasa marah mendominasi otak Anda maka kinerja lambung untuk menjalankan tugasnya dengan baik akan ikut terganggu. Disebabkan oleh gangguan dan rangsangan yang berlebihan, perintah yang dikirimkan oleh otak menjadi terganggu. Akhirnya tidak ada makanan yang harus dicerna di lambung, namun sang pengawas di otak malah memerintahkan lambung untuk memproduksi asam lambung secara berlebih.

Selera makan saja tergantung sama otak seperti lirik sebuah lagu “ tidak enak makan, tidak enak tidur, di luar tidak krasan, di rumah bingung karena mikirin kamu “ ini adalah contoh efek yang di akibatkan dari kinerja otak,  lebih jauh lagi jika kecemasan,emosi, yang labil maka beban otak tadi secara langsug berpengaruh pada kinerja lambung , selera makan hilang, susah tidur dan lain sebagainya, dan akibatnya jika telat makan maka penyakit mulai menerang, susah tidur badan mulai kelelahan dan lain sebagainya.

Singkatnya hanya karena otak yang terganggu maka bisa bisa semua fungsin tubuh kita akan berjalan tidak normal, jantung berdebar sebab kurang makan, kepala pusing sebab kurang tidur dll..

SOLUSI TERBAIK MENJAGA KESEHATAN.

Karena demikian signifikanya peran otak terhadap kestabilan anggota tubuh kita , maka untuk menghindari gangguan kesehatan , apapun jenis penyakitnya maka kita harus menyehatkan kondisi mental sebagai manifestasi jiwa secara optimal,  untuk bisa mengoptimalkan manifestasi jwa yang bisa mendukung kesehatan maka kita harus melakukan gaya hidup yang selaras artinya jangan terlalu memaksakan juga jangan terlalu kendor, kuncinya cita cita tetap ada namun harus percaya bahwa di balik cita cita dan rencana kita, masih ada yang lebih berhak dari itu semua yaitu Allah .

Kehidupan yang seimbang antara kemuan dan keadaan memang tidak mudah, namun demi kesehatan otak dan di pikiran dan demi kesehatan serta ketekunan maka lama kelamaan akan terbiasa, dan jika kesehatan terjaga secara otomatis kita tidak perlu lagi repot menganggar biasa kesehatan yang mahal harganya.

Otak Sumber Penyakit Sekaligus Sumber Obat Reviewed by Majalah Bisnis on 11.15 Rating: 5
All Rights Reserved by Blog Abajadun © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.