Top Ad unit 728 × 90

Memahami Dan Memfungsikan Niat Serta Cara Pengaplikasianya

Memahami Dan Memfungsikan Niat Serta Cara Pengaplikasianya - alhamdulillah , setelah sekian lama berkecimpung dalam dunia bisnis baik bisnis online dan bisnis offlin serta kegiatan lainya , dan setelah melewati samudra cobaan berat hidup di tengah masyarakat saya abdul aziz beran ngawi di beri nikmat oleh Allah untuk kembali mengadakan kegiatan belajar bersama seperti kegiatan 5 tahun yang lalu. kegiatan kali ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang ada , kecuali hanya kitab kajianya saja , jika dulu saya membuka kegiatan membaca tafsir ibriz sekarang saya membuka kegiatan baca kitab arbain nawawi. mudah mudahan bisa istiqomah amin....

 Pada acara baca hadist bersama kali ini membahas niat , adapun hadistnya adalah sebagai berikut :
Adapun artinya secara global adalah sebagai berikut :

“Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya tersebut” (HR. al-Bukhāriy dan Muslim)
-
 Di atas adalah lafadz hadist dan artinya , adapun bagaimana pemahaman dan pengamalanya , silahkan di cari di artikel lainya melalui google atau tanya ustadz di sekitar anda , banyak sekali yang membahas tentang masalah niat ini .

 Pemahaman serta pengertian niat menurut saya pribadi , yang bukan seorang ustdaz kyai atau orang pinter , cuma orang yang pernah baca dan mencoba menerka , jadi di sini saya akan sampaikan difinisi niat menurut pemikiran saya , jika ada yang salah harap di luruskan.

Apa itu niat ?
Niat adalah kemauan hati yang kuat yang di dukung oleh akal pikiran serta pengetahuan secara sadar dan di iringi oleh tindakan.
Apa Beda Niat Dengan Harapan Atau Cita Cita Dan Rencana ?
Langsung saja saya tulis terkait dengan hal yang menyerupai niat yang saya anggap perlu di perhatikan supaya kita tidak salah paham tentang niat , mengingat banyak sekali saya amati orang yang kurang bisa membedakan antara niat, harapan, cita cita dan rencana, dampaknya ketika melakukan segala sesuatu akhirnya tidak pernah tuntas berlanjut menjadi orang yang tidak istiqomah baik segi amalan ubudiyah, muamalah sampai adadiyah.
Perbedaan niat dengan amalan hati lainya seperti berangan, berfikir, melamun dll seperti harapan dan rencana adalah .
1. Niat cenderung di lakukan lebih  secara sadar, untuk hal hal yang di mengerti baik sisi negatif dan positifnya di sertai tindakan , beda dengan rencana ,cita cita dll di mana terkadang hal tersebut muncul begitu saja dan tanpa ada kontrol, kalaupun ada kontrol juga belum tentu di sertai tindakan , (Omdo / Omong Doang )
2. Niat semakin hari semakin kuat , berbeda dengan cita,harapan dan lain sebagainya, mudah rapuh di telan keadaan .
Dan masih banyak lagi yang membedakan antara niat dan kemauan lainya , tapi yang paling pokok adalah niat itu kombinasi antara kemauan,pengetahuan,kesadaran dan tindakan. jika kurang dari itu maka apa yang di katakan niat akan rancu.

Manfaat Niat ?
Banyak sekali manfaat niat , di samping untuk memotivasi tercapainya sebuah harapan juag sebagai pembeda antara kegiatan satu dan kegiatan lainya , terlebih jika kita aplikasikan dalam ajaran agama maka niat sangat di butuhkan bahkan ada ulama mewajibkan niat . contohnya niat dalam sholat wajib, niat dalam puasa wajib dan niat niat wajib lainya , dengan hukum wajibnya niat itu menandakan betapa besar pengaruhnya niat terhadap kwalitas sebuah amal atau tindakan terlebih amal ibadah.

Bagaimana mengamalkan niat yang baik dan benar ?
Fokuskan segala amalan kita karena Allah taala tanpa ada kepentingan dunia sedikitpun, makan tidur, berjalan sampai bernafas selalu di niati untuk Allah . atas dasar dalin yang artinya tidaklah di jadikan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah pada Allah .
Kapan niat itu di lakukan ?
Jika dalam sholat,wudhu dll amalan ubudiyah wajib niat di lakukan pada awal ibadah, jika dalam muamalah bisa di lakukan ketika bangun tidur sebelum melakukan kegiatan, dan menjelang tidur sebelum menata bantal dan selimut .

Demikian uraian singkat saya terkait niat, jangan di jadikan acuan dasar dalam mengamalkan , hal ini sekedar menambah wawasanya saja, saya yakin di atas langit masih ada langit dan di balik ide saya ini masih ada orang yang lebih mengerti dan memahami tentang niat dan pengamalanya. akhir kata Allahu A'lam
Memahami Dan Memfungsikan Niat Serta Cara Pengaplikasianya Reviewed by Majalah Bisnis on 01.37 Rating: 5
All Rights Reserved by Blog Abajadun © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.